Selasa, 20 Agustus 2013

Iseng Project - Rehabilitasi SONY TA-1010

Kebetulan sekali, saya menemukan salah satu ampli lawas dijual di salah satu forum jual beli terbesar di Indonesia. Kebetulan sekali juga, saya memperoleh service manual untuk ampli tersebut. Kebetulan sekali lagi, pada saat saya melakukan penawaran, sang penjual memberikan sesuai penawaran saya. Ampli lawas yang saya maksud adalah sebuah amplifier integrated SONY type TA-1010.

Beginilah tampang ampli lawas tersebut:


Cukup keren bukan? Hehehehehehe .....

Secara suara, ampli ini cukup potensial, walaupun seperti kebanyakan ampli lawas, suara terkesan agak lambat, imaging kurang fokus, dan tidak ada staging/layering.

Berdasarkan service manual, saya sudah mengidentifikasikan ada beberapa parts yang akan diganti dan ada bagian dari amplifier integrated tersebut yang akan dinonaktifkan.

Ini adalah sebagian dari service manual yang saya peroleh, khususnya untuk bagian power amplifier-nya:


Inilah tampang ampli lawas tersebut setelah dibongkar bagian luar dan faceplate-nya:


Singkat kata, saya pun melakukan beberapa perbaikan:
1. menggantikan potensio balance dengan fixed resistor.
2. menggantikan potensio tone control dengan fixed resistor.
3. mengganti beberapa electrolyt capacitor yang sudah terlihat tua dan bocor dengan electrolyt capacitor dan MKP capacitor.


Saya pun mengganti dioda original-nya dengan dioda RURP860 buatan Fairchild Semiconductor:


Saya pun menggunakan Vishay MKP 1837 untuk membypass electrolyt capacitor power supply utama dan electrolyt capacitor output:



Dan menambakan 3 x BlackGate F 680uF/65V diparalel dengan 2 x Bennic XPP 4.7uF/400V:


Hasil secara keseluruhan cukup mengesankan, apalagi setelah melakukan proses break-in selama 20 jam. Imaging menjadi lebih fokus, staging dan layering sudah terbentuk, dan kesan "lambat" pun sudah tidak ada lagi. Dengan modal utama dibawah 500 ribu rupiah, saya sangat senang memperoleh hasil yang seperti ini. Mari kita lihat, apakah saya akan gatal untuk melakukan bypass terhadap perkabelan yang banyak melalui switch? Mari kita lihat saja ..... Hehehehehe .....

2 komentar:

  1. SONY TA-1010 sudah melakukan kunjungan tandang pertamanya, dengan mencoba men-drive speaker KEF Reference 205 milik Rekan saya. Hasilnya sama sekali tidak mengecewakan, walaupun masih ada sedikit peluang perbaikan di sisi high-nya dibandingkan dengan sistem Tuan Rumah.
    Nantikanlah berita kunjungan-kunjungan tandang berikutnya.

    BalasHapus