Jumat, 11 Maret 2011

F5 Lateral ala KG - Fully Singing

Beberapa malam yang lalu, saya menghabiskan waktu sekitar 2 jam untuk merombak F5 ala KG versi awal yang masih menggunakan IRFP menjadi menggunakan mosfet final lateral. Ini adalah tampilan baru dari F5 Lateral ala KG.


Foto sedikit close-up, menunjukkan mosfet final lateral yang saya gunakan, 2SK1530 dan 2SJ201.



Setelah cukup berkeringat untuk melakukan setting arus diam dan DC Offset, akhirnya kedua channel F5 Lateral ala KG pun berdendang dengan sangat indahnya.


Dengan kedua channel menggunakan mosfet final lateral, suara overall dari F5 Lateral ala KG ini menjadi benar-benar warm, adem, lembut, dan ngayun dibandingkan ketika menggunakan mosfet final IRFP. Menurut kuping saya, IRFP malah jadi terdengar harsh.

Misi selanjutnya adalah merombak kembali sisi PSU dari F5 Lateral ala KG ini. Saat ini, PSU-nya masih sangat sederhana, berupa trafo quad-secondary 0-18V/6A, dioda BYV72E, elco Spraque 52.000uF/30V, dan beberapa elco Epcos/Sikorel 2.200uF/100V. Penyambungan kabel pun masih menggunakan cara dayak alias masih asal-asalan. Harus segera dibenahi, untuk memenuhi unsur safety dan sedikit sisi keindahan.



Saya berencana untuk menggunakan konfigurasi C-R-C di PSU ini, untuk mendapatkan DC yang benar-benar murni alias untuk meminimalkan frekuensi yang tidak dibutuhkan oleh rangkaian alias untuk meniadakan frekuensi dari AC PLN (50Hz) yang ikut nyelonong ke dalam rangkaian signal.

Setelah dihitung-hitung, saya akan menggunakan R senilai 0.1R/5W sebelum elco 52.000uF, yang akan menghasilkan cut-off low-pass filter di 30Hz. Sangat mencukupi, asal si frekuensi 50Hz-nya sudah terbuang.

Nantikan saja tanggal mainnya .... Hehehehe ....

3 komentar:

  1. wuz...mantabz bro
    jadi pengen dengerin versi lateral nih
    oya...pake spk protektor gak ya?

    BalasHapus
  2. hai, Mas Praka, ayuk atuh ketemu kalau ada BT di Bintaro lagi ... kata Pak Dhe, akan diadakan lagi, khusus pertandingan ampli Class-A ...
    saya ndak pakai speaker protector .... hehehehe .... BONEK mode: ON ....

    BalasHapus
  3. itu 2sk 2sj nya hitachi ya bro? Beli dimana ya? Berapa per pasangnya? Saya juga penggemar audio. Dulu sma pernah bikin mini crescendo pakai 2sk 134/135 2sj 49/50 yg bentuknya msh ky topi.. Jujur menurut sy suaranya jauh lebih nikmat dari GC1875 walaupun udah diberi tube buffer sekalipun.. Mosfet ini bener2 nikmat ya bro.. :)

    BalasHapus