Selasa, 08 Maret 2011

F5 Lateral ala KG

Setelah semua komponen tersolder dengan rapi ditambah menunggu sekian lama, akhirnya tadi malam saya membulatkan tekad untuk fire-up F5 Lateral ala KG. Saya melakukannya dengan sangat hati-hati, karena pengalaman sebelumnya dengan mosfet final lateral yang berujung pada sepasang mosfet final yang berasap dan putusnya R source mosfet final.

Saya sempat panik juga, ketika saya mencoba menyalakan salah satu trimpot sampai mentok, kok tidak dapat arus seperti yang diharapkan. Voltase pada R source mosfet final mentok di angka 30mV, sementara saya membutuhkan voltase disana sekitar 650mV.

Saya kemudian menghubungi Rekan saya untuk melakukan konsultasi. Setelah melakukan berbagai pengukuran, singkat kata, disimpulkan bahwa F5 Lateral saya sudah berfungsi normal. Dan ternyata, masalahnya kembali ada di kebodohan saya. Saya sama sekali lupa bahwa untuk men-set arus diam, kita harus memutar kedua trimpot secara simultan.

Setelah saya mencoba memutar kedua trimpot, hore .... saya pun memperoleh arus diam seperti yang saya harapkan.


R source mosfet final F5 Lateral ala KG berukuran 0.5R/5W, jadi dengan voltase 662mV akan didapat arus diam sekitar 1.3A.

Ini adalah tampilan tampak depan dan tampak belakang dari F5 Lateral ala KG.



Sementara berikut adalah tampilan F5 ala KG versi awal.


Jika kita bandingkan dengan F5 Lateral ala KG dengan F5 ala KG versi awal, kita dapat melihat bahwa F5 Lateral ala KG menggunakan lebih sedikit komponen. Hal ini terjadi karena semua limiter di F5 Lateral dapat dicopot akibat karakteristik dari mosfet final yang saya gunakan yang memiliki koefisien arus-suhu negatif.

Limiter yang saya copot adalah:
- Thermistor dan R 2K2 yang seri dengan thermistor
- R 150R
- R 1K
- R 10K
- Kedua transistor 2SA & 2SC

Daftar komponen yang saya gunakan untuk F5 Lateral ala KG:
- JFET: 2SK170 & 2SJ74
- Mosfet Final: 2SK1530 & 2SJ201
- R Source Mosfer Final: Dale CW5 0.5R/6.5W
- R Gate Mosfet Final: TX2575 47R/0.6W
- R Input: Riken RMG 1K/2W
- R Shunt Input: Riken RMG 100K/1W
- R Source JFET: PRP 10R/1W
- R Feedback: 3 x Kiwame 150R/2W
- Trimpot: Spectrol 5K


Karena saya baru mengerjakan satu channel F5 Lateral ala KG, maka saya dapat membandingkan dengan live antara F5 Lateral ala KG dengan F5 ala KG versi awal. Perbandingan suara antara F5 Lateral ala KG dengan F5 ala KG versi awal menurut saya sangat signifikan. Suara F5 Lateral ala KG terdengar lebih warm, adem, dan ngayun jika dibandingkan dengan F5 ala KG versi awal.

Saya jadi tidak sabar untuk merombak channel sebelahnya, sehingga saya bisa menikmati F5 Lateral ala KG secara utuh. Kemungkinan, akan saya eksekusi nanti malam. Tunggu saja tanggal mainnya. Hehehehe ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar