Kamis, 03 Maret 2011

DAC 4 x TDA1543

Project ini merupakan kelanjutan atau tepatnya pengganti dari project DAC Kue Bulan saya. DAC Kue Bulan saya mati total, tidak bersuara, karena kecerobohan saya. Ketika saya ingin mencoba menggunakan Baterai SLA untuk sumber tenaga-nya, saya terbalik menyambungkan kutub + dan -, sehingga DAC Kue Bulan saya pun mati total.

Karena saya tetap membutuhkan DAC, untuk kelanjutan project modifikasi CDP saya, maka saya pun mulai mencari-cari pengganti DAC Kue Bulan tersebut.

Pilihan saya akhirnya jatuh kepada DAC buatan Muse Audio, China, berbasis 4 pcs TDA 1543 yang diparalel. Digital receiver tetap menggunakan DIR9001. Ini adalah tampak kardus luar dari DAC tersebut.


Ketika saya mencoba kit tersebut, saya sempat panik karena kit tersebut tidak menyala saat dihubungkan dengan listrik. Setelah ditelusuri, ternyata adaptor bawaan kit-nya bermasalah. Saya kemudian terpaksa menggunakan adaptor 12V/0.5A seadanya untuk mencoba menyalakan kit tersebut dan syukurlah, kit DAC tersebut menyala.



Ketika dicoba dengan signal suara, dengan menggunakan coax out dari NAD C520 saya, saya tidak memperoleh impresi baik di lagu pertama. Tetapi setelah dicoba lebih dari 30 menit, perbedaan antara menggunakan RCA out CDP dengan menggunakan DAC baru terlihat dengan nyata. Perbedaan paling menonjol adalah dalam hal separasi musik yang jauh lebih baik serta suara vokal dan instrumen yang jauh lebih solid. Rasanya seperti memiliki CDP baru. Hehehehe ....


Setelah memperhatikan detail skema dari kit DAC ini, saya sudah memikirkan beberapa peluang perbaikan, yakni:
1. mengganti caps out dengan Nichicon Muse BP dan R out dengan Rhoederstein.
2. mengganti caps bypass di kaki TDA1543 dengan Sanyo Oscon 10uF/16V
3. menggunakan Baterai SLA sebagai sumber tenaga untuk menggantikan adaptor sementara saya.

Ini adalah tampilan dalam dari DAC 4 x TDA1543 saya. Gambar saya ambil dari web sang penjual, karena saya belum sempat memfoto tampilan dalam dengan detail.


Untuk langkah ekstrim selanjutnya, saya tengah mempertimbangkan untuk memparalel setiap TDA1543, sehingga menjadi 8 x TDA1543. Denger-denger dari rekan-rekan yang sudah bermain DAC dan beberapa forum modifikasi DAC luar negri, performance 8 x TDA1543 cukup menjanjikan.

Untuk langkah ekstrim kedua, saya sudah dibisiki oleh Rekan saya untuk menggunakan PSU buatan Paul Hynes, karena menurut pengalaman Beliau, penggunaan PSU tersebut di kit DAC-nya membawa hasil yang sangat signifikan.

Kelihatannya, kedua langkah ekstrim tersebut adalah jalan yang akan saya tempuh. Tunggu saja tanggal mainnya ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar