Rabu, 23 Februari 2011

Modifikasi CDP NAD C520

Inilah CDP yang selama ini saya gunakan, sebuah CDP tua, NAD C520, mungkin produksi tahun 1990-an, tetapi masih saya rasa cocok untuk memenuhi tugasnya memutarkan CD-CD favorit saya.


Mungkin, karena usianya yang sudah agak uzur, ada beberapa masalah yang saya hadapi. Masalah pertama adalah putusnya tombol eject, sehingga untuk beberapa saat saya terpaksa menggunakan obeng + untuk mencolok switch eject yang ada di dalam chassis CDP. Akhirnya, saya pun membeli sebuah switch push-on dan menyambungkannya ke switch eject dengan menggunakan kabel CAT5, sehingga saya pun tidak perlu menggunakan obeng + lagi.


Masalah kedua yang saya hadapi adalah tray CD yang kadang-kadang tidak mau menutup dan kembali membuka. Setelah dipelajari dan tanya-tanya sana-sini, ternyata masalahnya ada di karet belt yang sudah mulur alias kendor, sehingga karet belt tersebut tidak sanggup untuk menaikkan mekanik optik ke posisi yang seharusnya dan tray pun terpaksa kembali membuka.

Sebenarnya, ada cara untuk dapat tetap menggunakan CDP dengan kondisi demikian, yakni dengan mengguncangkan CDP tersebut pada saat tray menutup, sehingga mekanik optik pun "terdorong" untuk kembali ke posisinya. Memang cara ini terkesan cukup barbar, tapi inilah yang memang saya lakukan untuk tetap mendengarkan musik selama kesibukan membelit saya sehingga tidak sempat untuk mampir ke Harco Glodok.

Akhirnya, saya pun bisa mampir ke Harco Glodok dan membeli sebuat karet belt baru. Harga karet belt baru ini hanya Seribu Rupiah saja, tetapi bisa membuat pusing tujuh keliling jika tidak tahu penyebabnya. Oya, saya juga sekaligus membeli 4 pcs trimpot merk Spectrol dan 4 pcs IC Opamp RCA 4558.


Ini adalah karet belt lama, yang telah mulur lumayan banyak. Dapat dimaklumi jika dilihat dari sisi usia CDP ini.


Ini adalah bagian dari CDP saya yang digantikan karet belt-nya.


Cara menggantinya pun sederhana saja, hanya menggunakan obeng kecil untuk mencabut karet belt lama dan obeng kecil yang sama untuk memasangkan karet belt baru. Setelah menggunakan karet belt baru, tray CDP saya kembali dapat membuka dan menutup sesuai keinginan saya alias tidak membandel lagi.

Misi berikut untuk NAD C520 ini adalah:
1. mengganti optik Sanyo SF-P101
2. mengganti dioda dengan SF4007
3. mengganti elco psu dengan BlackGate 680uF/65V
4. mengganti opamp dengan RCA 4558

Setelah semua misi tersebut selesai, kemungkinan besar, misi terakhir yang paling ultimate untuk CDP ini adalah menggunakan DAC external. Semoga modifikasi ini mencukup kebutuhan saya akan CD Player, sehingga tidak perlu untuk mengganti ke CDP yang lebih tinggi, misalnya CEC TL51XR, CDP favorit saya. Hehehehe ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar