Rabu, 23 Februari 2011

Speaker Protector

Beberapa waktu yang lalu, ada Rekan DIY-ers Senior yang mengajak untuk melakukan group buy kit speaker protektor, karena kit tersebut memiliki keunikan. Keunikan dari kit tersebut adalah penggunaan IC UPC1237, sebagai alat "sensing" dan "on delay".

Saya pikir, saya membutuhkan speaker protector, karena saat ini saya sedang menyelesaikan proyek F5 menggunakan Final Mosfet lateral. Karena semua protection circuit saya hilangkan, kelihatannya penggunaan speaker protektor sangat penting untuk melindungi speaker saya yang hanya satu-satunya itu.

Singkat kata, saya pun mengumpulkan beberapa rekan dan melakukan group buy ke Analog Metric, salah satu penjual kit DIY Audio yang berasal dari HongKong. Setelah melakukan transaksi dan membayar, butuh sekitar 2 minggu sebelum saya akhirnya menerima pesanan tersebut di rumah saya.

Beginilah tampilan kit tersebut, dalam keadaan terurai dan dalam keadaan tersolder.


Sedikit review: PCB-nya tebal, dual-layer through-hole, dan dibuat dengan kualitas yang baik. Komponen yang menyertainya adalah IC UPC1237, resistor Dale 0.25W, elco Nichicon Gold, capacitor WIMA, dioda 1N4002, zener 1N4048, sebuah relay Omron made in Malaysia, beserta beberapa konektor.

Beginilah tampilan kit tersebut dalam beberapa pose close-up.




Sesuai sharing di milis, ternyata kualitas relay sangat menentukan terhadap kualitas akhir suara. Ada beberapa rekan yang enggan menggunakan speaker protektor, karena cenderung mengganggu kualitas suara. Rupanya inilah PR berikutnya, mencari relay yang dapat dipergunakan untuk dapat tetap menjaga kualitas suara. Semoga saja harganya tidak terlalu mematikan. Hehehehe ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar