Senin, 31 Oktober 2011

Klenik Audio 01: Main-main Ganjelan

Mari kita sedikit masuk ke ranah yang tidak mudah untuk didefinisikan secara akal sehat, khususnya untuk saya, yang tidak terlalu memiliki pemahaman teknis yang memadai.

Pada waktu saya berkunjung ke rumah salah seorang rekan di kota Cirebon, saya melihat ada sedikit keunikan pada sistem Beliau, yakni semua kabel tidak dibuat menyentuh tanah. Pada waktu itu, saya tidak sempat bertanya alasannya mengapa, karena sibuk menikmati suguhan musik yang dinyanyikan oleh sistemnya.

Beginilah tampilan sisi perkabelan sistem Rekan saya tersebut:


Semua kabel yang Beliau gunakan, baik kabel listik, kabel RCA, maupun kabel speaker tidak ada yang menyentuh lantai.

Pada minggu lalu, saya mencoba mengaplikasikan hal yang sama di sistem saya sendiri. Saya memulainya dengan mendengarkan sistem saya secara apa adanya, tanpa ada perubahan apapun, lalu dilanjutkan dengan mengaplikasikan ganjalan setinggi 4cm berupa kotak tissue hadiah dari Shop&Drive pada waktu terakhir saya mengganti oli mobil saya di sana.

Beginilah tampilan ketika saya mengaplikasikan ganjalan kotak tissue tersebut:


Perubahan yang saya dengar adalah pada staging yang terdengar lebih "firm" alias tegas dan kedalaman (depth) panggung yang lebih terdefinisi. Ajaib bukan, hanya dengan mengangkat kabel speaker dari lantai, bisa mengubah suara yang dihasilkan oleh sistem saya.

Atas saran dari Rekan saya, saya kemudian mengaplikasikan kertas koran sebagai ganjalan, untuk menguji apakah ada perbedaan antara ganjalan kotak tissue dan kertas koran.


Dari percobaan tersebut, staging yang dihasilkan tidak sebaik pada saat menggunakan kotak tissue. Suara yang dihasilkan lebih cenderung kepada suara pada saat tidak menggunakan ganjal apapun.

Setelah itu, saya pun mengaplikasikan kembali ganjalan kotak tissue, ditambah busa 3cm untuk memisahkan kabel + dan kabel - speaker yang terpaksa bersilangan.


Yup, saya kembali mendapatkan staging yang bagus dengan kedalaman panggung yang bagus. Kemudian saya pun menambahkan kotak CD bekas untuk mengganjal speaker protektor saya yang masih menempel ke lantai. Aplikasi kotak CD ternyata ini tidak membawa perubahan pada suara yang dihasilkan, tetapi saya biarkan saja.

Dalam hati saya berpikir, kenapa hal ini bisa terjadi ya? Mungkin, karena adanya aliran listrik yang "ter-ground" ketika kabel menyentuh lantai, sehingga sedikit mengacaukan signal suara yang lewat. Apapun alasan logis-nya, hal itu terbukti mampu memperbaiki suara di sistem saya. Klenik atau bukan, itulah hasilnya.

Anda tidak percaya? Silakan dibuktikan sendiri .... Hehehehehe ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar