Jumat, 16 September 2011

DAC AK4393 - With Salas Regulator

Project ini merupakan kelanjutan dari project AK4393 yang lalu. Dalam project kali ini, misi saya adalah mengganti seluruh power supply pada DAC AK4393 ini menggunakan Salas Regulator.

Saya menggunakan trafo custom dari Pak Setiawan, karena saya sudah memiliki pengalaman baik dengan penggunaan trafo custom dari Beliau. Disamping harganya yang menurut saya masuk akal, kualitas buatannya pun baik.

Berikut adalah beberapa foto dari DAC AK4393 dengan menggunakan Salas Regulator tersebut:




Saya sudah melakukan perbandingan sekilas mengenai suara yang dihasilkan oleh DAC AK4393 + Salas Regulator ini dengan output RCA dari CEC TL51XR dan saya temui bahwa suara dari AK4393 + Salas Regulator ini lebih baik dibandingkan output RCA dari CEC TL51XR. Tentu saja saya sangat senang dengan hasil ini, karena saya telah berhasil merakit DAC yang suaranya lebih baik dibandingkan CD Player sekelas ini.

Saya sengaja menggunakan chassis Bell M250 sebagai chassis untuk DAC ini, karena di kemudian hari saya berencana untuk menambah 1 tube buffer stage pada output balanced AK4393 sebagai balance to unbalance converter. Topologi yang saya pilih adalah Broskie Cathode Follower.

Trafo Custom saya pun sudah siap untuk menangani kebutuhan ini, dengan memiliki 2 x 6.3V/1A dan 60V-CT-60V/60mA pada sekunder-nya. Rencananya, saya akan menggunakan 2 x 6DJ8 dengan B+ 150V dan dioda kacang hijau 1A sebagai rectifier-nya.

Pada tanggal 24 September 2011 yang akan datang, DAC AK4393 ini sudah saya daftarkan untuk mengikuti BT DAC di TubeLover. Tidak ada target apapun yang saya kejar, mengingat saya masih sangat niubi dalam dunia DAC ini, hanya ingin turut berpartisipasi saja. Sayang sekali, saya tidak dapat hadir pada tanggal tersebut karena masih ada di luar negri untuk tugas kantor. So sad .... Huhuhuhuhuhuhuhu ....

1 komentar:

  1. Pada tanggal 1 Oktober yang lalu, DAC AK4393 ini diikutsertakan dalam BT DAC di IHEAC dan memperoleh the people's choice pada sesi penyisihan ke-4. Memang, DAC ini tidak masuk final ataupun menjadi juara, tetapi hasil ini sungguh sangat membanggakan bagi saya.

    BalasHapus