Senin, 11 April 2011

Ujicoba DAC AK4393

Setelah project DAC saya yang sebelumnya saya pikir kurang sukses, saya pun mencari alternatif DAC lain untuk meng-improve keluaran dari CDP saya.

Setelah mencari-cari, akhirnya saya menemukan AK4393, salah satu DAC buatan dari Asahi Kasei, Jepang. DAC ini banyak dipergunakan dalam perangkat audio pro, seperti Behringer DEQ2496 dan DCX2496. Menurut referensi beberapa rekan, DAC ini memiliki suara yang cukup baik, karenanya saya ingin mencobanya.

Singkat kata, saya pun memesan 1 kit dari salah satu seller di ebay dan dalam 2 minggu, kit pesanan saya sudah tiba di rumah saya. Ini adalah tampilan kit tersebut.


Dalam kit tersebut, IC AK4393, 74HC00, CS8416, serta 3 pcs regulator sudah disolderkan oleh penjualnya. Tentu saja, ini sangat memudahkan saya, mengingat tingkat kesulitan yang mungkin akan saya alami ketika menyolder IC SMD.


Berhubung komponen yang menyertai kit tersebut agak "mengkhawatirkan", saya pun mempersipakan beberapa komponen pengganti untuk kit DAC tersebut.


Beginilah tampilan kit DAC AK4393 setelah disolder.



Saya juga telah mempersiapkan 2 buah trafo, masing-masing trafo 15-CT-15/2A dan 0-9/2A untuk menyalakan DAC saya ini, dan singkat kata, inilah tampilan DAC saya setelah dinyalakan.



Setelah dibiarkan menyala selama 1 jam, saya dengarkan kembali, suara AK4393 ternyata memang cukup baik. Detail dan micro-harmonic-nya cukup nyata keluar, tetapi suaranya masih agak "tipis". Saya kemudian mengganti IC Opamp-nya dengan OPA2604 BB, salah satu opamp top of the line dari Texas Instruments.


Dengan Opamp OPA2604, suara pun menjadi tebal tanpa kehilangan detail sama sekali. Wah, mengejutkan sekali, IC DAC yang mungkin jarang sekali dipergunakan oleh DIY-ers ternyata dapat bersuara sangat baik. Setelah DAC ini dinyalakan non-stop selama 48 jam, suaranya benar-benar menjadi sangat bagus. Saya sangat puas dengan kit DAC ini, jauh lebih puas dibandingkan DAC-DAC saya sebelumnya.

Improvement selanjutnya untuk DAC kit ini adalah mengganti IC DAC-nya dengan AK4396. Menurut beberapa site, penggantian IC DAC dari AK4393 ke AK4396 memberikan improvement yang signifikan terhadap suara. Sayang sekali, mengingat IC-nya dalam format SMD, saya akan sangat kesulitan dalam hal mencabut-pasang IC tersebut. Terpaksa, untuk sementara ini, saya hanya memuaskan diri dengan AK4393. Terpaksa .... Hehehehe ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar