Senin, 21 November 2011

Bongkar-bongkar Electrolyt Capacitor

Pada suatu siang yang santai, saya tengah mendengarkan sistem audio saya. Tiba-tiba terpikir ide agak sadis, untuk membongkar beberapa Electrolyt Capacitor (Elco) yang saya punya. Karena tingkat keisengan saya sangat tinggi waktu itu, berbekal sebuah tang potong, saya pun memilih beberapa Elco untuk dibongkar.

Korban pertama adalah Elna for Hi-Fi, ukuran 1000uF/35V:


Korban kedua adalah Elna CE 6800uF/35V:


Terlihat bahwa Elna CE ini sudah mulai berair pada bagian electrolyt-nya. Dapat dimaklumi, karena Elna CE ini sudah saya pakai cukup lama untuk beberapa aplikasi.

Korban ketiga adalah SamHwa 330uF/450V:



Dari ketiga Elco yang saya bongkar, bau dari electrolyt SamHwa adalah yang paling menyengat. Mungkin, karena SamHwa dijual dengan harga murah, sehingga menggunakan bahan baku yang tidak terlalu bagus. Entahlah .....

Syukurlah, dari ketiga Elco yang saya bongkar, tidak ada satupun yang "fake", alias diisi oleh Elco dengan uF sama tapi voltage rating yang lebih kecil. Berarti, teman-teman dari ketiga Elco tersebut layak untuk dipergunakan untuk project-project saya selanjutnya.

Saya jadi teringat sharing seorang rekan yang menggunakan capacitor dalam keadaan "bugil" dan ada efeknya terhadap suara. Apakah di kemudian hari saya akan bereksperimen menggunakan Elco tersebut dalam keadaan "bugil"? Let's see ....

At least, untuk saat ini, saya tidak berpikiran begitu. Entah, kalau di kemudian hari terlintas pikiran seperti itu .... Hehehehehe .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar