Senin, 14 November 2011

Klenik Audio 02: Spidol Hijau

Saya ingat, jaman dulu, di milis pernah dibahas mengenai penggunaan spidol hijau untuk memperbaiki suara yang dihasilkan oleh sebuah sistem audio. Kebetulan sekali, weekend kemarin saya memiliki waktu cukup luang untuk bermain-main dengan spidol hijau ini.

Kebetulan, saya memiliki sebuah spidol hijau, entah buatan mana, yang pasti sih huruf-hurufnya seperti huruf Thai.


Saya lalu mencoba mengaplikasikannya di salah satu CD yang saya punya. CD ini merupakan CD rekaman live, direkam di studio Indosiar, saya berharap suaranya cukup bagus, setidaknya untuk mengidentifikasikan staging-nya.




Saya kemudian mencoba mendengarkan lagu pertama dengan baik, sebanyak beberapa kali, sebelum saya mewarnai sisi CD tersebut dengan spidol hijau. Ini adalan kondisi CD tersebut setelah samping-nya diwarnai dengan spidol hijau.


Setelah didengarkan kembali, wow, amazing ..... Suara memang berubah, terutama dalam hal separasi yang semakin baik dan definisi stage yang lebih jelas. Sangat menarik ....

Karena penasaran, saya pun mengaplikasikan spidol hijau ini kepada CD lain, yakni CD rekaman dari Sangaji Records, yang dinyanyikan oleh Olivia Latuputty dengan judul You.


Saya menggunakan lagu track-10, If We Hold On Together. Seperti CD terdahulu, saya pun mendengarkan lagu ini beberapa kali sebelum akhirnya saya mewarnai sisi CD dengan spidol hijau.


Hasilnya tetap, separasi semakin baik dan definisi stage semakin baik.

Kesimpulan: aplikasi spidol hijau di sisi CD memang berkontribusi positif terhadap suara yang dihasilkan oleh sistem audio. Kalau tidak salah, fenomena ini terjadi karena sinar laser yang dipantulkan oleh permukaan CD dan dibaca kembali oleh CD Transport semakin baik. Biasanya, area diantara 33.3% dan 66.5% dibaca dengan probabilitas 50%-50% antara 1 dan 0, sekarang mungkin area tersebut semakin menyempit dan pembacaan CD semakin akurat.

Entahlah, yang jelas, aplikasi ini memang membantu memperbaiki suara di sistem audio saya. Anda penasaran? Silakan coba sendiri .... Hehehehe ....

4 komentar:

  1. Dear ko Aphinx, saya baru ikutan coba2 pakai spidol hijau ini barusan. ternyata bener loh, separasi dan stagingnya berubah. hal ini dikonfirm juga sama waf yang duduk disebelah saya sambil bilang "koq bisa".
    thanks sudah bagi2 ilmu...

    salam, Muliadi

    BalasHapus
  2. Sama-sama, Dokter Muli, seneng juga sharing-nya bisa bermanfaat.

    BalasHapus
  3. Pak Aphinx, myth ini memang menyenangkan ya. Saya juga sudah coba, edan banget suaranya, keluar dinamiknya. Bahkan untuk audio system sederhana.
    Kesannya sih pada awalnya kayak ada auto correction dulu, makin lama makin dalam stagingnya dan stabil.
    Kayak pemanasan mobil diesel gitu ya? hehehe.

    Saya nyobanya kasih spidol pada sisi luar dan sisi dalam. Biar komplit.

    Terima kasih banyak ya.
    Salam,
    Nam Khong

    BalasHapus
  4. Senang bisa berbagi, Pak. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus