Senin, 21 November 2011

Klenik Audio 03: "Tweak" CD

Topik kali ini, merupakan topik yang benar-benar diluar logika saya. Saya sama sekali tidak habis pikir, mengapa hal ini bisa terjadi, tapi sampai saat ini saya masih belum menemukan jawabannya.

Sebagai tindak lanjut dari ujicoba terhadap Schumann Resonator, saya pun memanfaatkan Baterai SLA 12V/7.2A sebagai sumber tenaganya. Memang, efek dari penggunaan Baterai SLA sebagai sumber tenaga memberikan efek yang lebih baik, apalagi pada ujicoba kali ini saya menggunakan 2 buah Schumann Resonator yang di-stack, seperti gambar berikut:


Iseng-iseng, saya mencoba menempatkan salah satu CD selama 10 detik diatas Schumann Resonator tersebut.


Setelah saya mendengarkan kembali, saya luar biasa kaget, karena suara yang dihasilkan oleh sistem audio saya sangat jauh berbeda. Semua suara seperti terdengar lepas, separasi dan image lebih baik, padahal saya tidak melakukan perubahan apapun pada sistem audio saya kecuali menaruh CD diatas Schumann Resonator.

Karena penasaran, saya pun mencoba CD-CD lain, dan mulai membandingkan dengan serius antara CD sebelum ditaruh diatas Schumann Resonator dan setelah ditaruh diatasnya. Hasilnya adalah: confirmed, suaranya memang jauh lebih lepas setelah ditaruh diatas Schumann Resonator.

Entah kenapa hal ini bisa terjadi, karena sepengetahuan saya, CD hanya merupakan media analog untuk menyimpan data-data digital. Media tersebut dibaca berdasarkan pantulan sinar laser yang ditangkap dan diterjemahkan menjadi data digital, yang lalu akan dikonversikan menjadi data analog oleh DAC. Mengapa seolah-olah pembacaan data bisa semakin baik setelah CD ditaruh di atas Schumann Resonator? No idea at all.

Anda penasaran? Silakan dibuktikan sendiri ..... Hehehehehehe .....

3 komentar:

  1. Pak Aphinx,
    boleh tahu cara mendapatkan kit Schumann Resonator di mana?

    Terima kasih banyak sebelumnya.
    Salam,
    Nam Khong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika Bapak berkenan, saya akan mengirimkan 1 set Schumann Resonator yang sudah jadi ke alamat Bapak. Free of charge. Mohon japri alamat Bapak ke email saya. Terimakasih.

      Hapus
  2. hi Pak Aphinx, saya sedikit2 baca ttg resonantor ini, baik untuk faktor kesehatan dan fenomenanya di perangkat dengar musik, boleh tahu dimana saya bisa dapatkan ini Pak? paling tidak PCB-nya karena PCB-nya ada rangkaian antenna resonantornya ya?
    salam.

    BalasHapus