Senin, 06 Agustus 2012

Klenik Audio 05: Spike Kayu

I'm back ..... setelah sekian lamanya tertidur lelap .....

Pertama-tama, terimakasih yang mendalam untuk rekan saya, Pak TA di bilangan KG yang sudah berkenan untuk membuatkan spike kayu ini untuk saya dan rekan-rekan lain. Really appreciate, Pak.


Seperti yang kita lihat, spike ini dibuat dengan sangat rapi, berbahan dasar salah satu jenis kayu keras sehingga spike ini bisa tenggelam di dalam air. Very nice craftmanship, Pak TA. Two thumbs up.

Kemudian, saya mencoba aplikasi spike ini ketika berkunjung ke rumah Pak PJ, salah satu Senior DIY Audio di bilangan Cipinang Jakarta. Pertama kali, saya melakukan aplikasi 3 spike di CDP DIY Beliau yang menggunakan transport CDM-9 (sayang sekali, saya tidak mengambil gambarnya). Dari penempatan 3 spike tersebut, kami sepakat bahwa suara yang dihasilkan menjadi lebih fokus.

Percobaan kedua, saya mencoba mengaplikasikan 3 spike pada CDP modifikasi Beliau yang berbasiskan Marantz CD4000 (sayang sekali, gambar yang diambil ternyata kurang fokus). Pada percobaan ini, kami sepakat bahwa tidak ada perbedaan yang dirasakan.

Percobaan terakhir, saya mencoba mengaplikasikan 3 spike pada CDP Shanling Beliau (yang juga sudah dimodifikasi di bagian tube buffer-nya). Ini adalah gambar aplikasi spike pada Shanling tersebut:


Foto lebih dekat:


Saya sengaja menaruh spike depan tepat di bawah poros putar Transport CDP Shanling. Dari percobaan ini, kami sepakat bahwa image semakin fokus juga ada sedikit perbaikan pada separasi suaranya.

Setelah kembali ke ruang dengar saya sendiri, saya pun penasaran dan mencoba mengaplikasikan hal tersebut pada CEC saya:


Saya pun menempatkan spike depan tepat di bawah poros putar Transport CDP CEC. Hasilnya tetap sama, aplikasi spike pada CDP memang membawa perbaikan pada suara yang dihasilkan, yakni image semakin fokus dan separasi semakin baik.

Apakah dapat disimpulkan bahwa improvement akibat aplikasi spike hanya terasa pada CDP yang center-mount (transport terletak di tengah-tengah) dan top-loading (tidak menggunakan CD tray) saja? Entahlah, pada rangkaian percobaan ini memang spike lebih perform di CDP DIY, CDP Shanling, dan CDP CEC yang kesemuanya memang center-mount dan top-loading. Entahlah .....

Satu hal lagi, kelihatannya saya bisa mengajukan proposal bisnis kepada rekan saya Pak TA untuk membuat spike ini secara komersial, sebagai tuning device untuk perangkat audio. Mari kita membuat proposal bisnis ..... hehehehehe .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar