Kamis, 18 Oktober 2012

Klenik Audio 07: Auricap Tweak

Kali ini, biarkan foto berbicara lebih dahulu:



Auricap Tweak sebenarnya sudah banyak dibahas di website-website luar, karenanya, saya jadi penasaran untuk mencobanya.

Intinya, Auricap Tweak adalah menempatkan capacitor Auricap pada AC Inlet pada CD Player atau perangkat audio lainnya sebelum trafo. Auricap akan berfungsi sebagai line filter.

Hal terpenting yang harus diperhatikan disini adalah Voltage Rating dari Auricap yang dipergunakan harus diatas rating voltase PLN kita. Karena rating voltase PLN kita adalah 220V (padahal jarang sekali saya memperoleh 220V, paling hanya 208V saja), saya mempergunakan Auricap XO dengan voltage rating 600V.

Berapa ukuran Auricap yang bisa dipakai? Umumnya, antara 0.1uF s/d 0.47uF. Konon kabarnya, perbedaan ukuran tersebut juga membawa efek terhadap suara. Saya belum pernah meng-eksplor sejauh itu. Auricap XO yang saya gunakan adalah ukuran 0.22uF.

Ide tersebut kemudian saya coba adaptasi dengan menempatkan Auricap XO menggunakan saklar on-off pada steker kombinasi saya. Alasannya simpel saja, karena saya ingin mencoba membandingkan dengan Auricap dan tanpa Auricap.

Dari hasil mendengarkan sepintas, dengan menggunakan Auricap di AC Inlet, noise floor terdengar lebih rendah, sehingga lebih banyak detail yang muncul dan terdengar di sistem saya. Apakah percobaan yang sama akan membawa akibat yang sama di sistem lain? Saya tidak tahu, silakan mencoba sendiri .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar