Senin, 22 Oktober 2012

Klenik Audio 08: Ferrite Bead

Untuk posting kali ini, saya mencoba sebuah teknik yang mungkin sudah umum dipakai di dalam dunia listik dan elektronika, hanya saja belum diaplikasikan di sistem saya. Kalau kita amati, beberapa alat elektronik menggunakan sebuah blok silinder di ujung dekat colokan listrik-nya. Konon kabarnya, isi dari blok silinder tersebut adalah ferrite. Menurut wikipedia, fungsi dari ferrite bead ini adalah untuk menekan noise frekuensi tinggi.

Jika saya cari informasi lebih lanjut, ternyata aplikasi ferrite bead ini tidak hanya dalam bidang kelistrikan, tetapi juga sudah merambah ke dalam aplikasi audio. Dalam link ini disebutkan bahwa penempatan ferrite bead pada kabel speaker ternyata mampu merubah suara yang dihasilkan oleh speaker.

Dalam diskusi di salah satu milis otomotif, aplikasi ferrite bead pada beberapa titik pada kendaraan ternyata pun dapat meningkatkan performance mesin secara keseluruhan. Waktu saya diskusikan dengan rekan yang mengerti kelistrikan mobil, aplikasi ferrite bead terutama pada mobil yang menggunakan coil dan busi memang dapat meningkatkan kestabilan listrik yang dibutuhkan untuk proses pengapian.

Saya jadi penasaran dengan informasi-informasi yang saya dapatkan tersebut. Singkat kata, saya pun mendatangkan 10 pcs Ferrite Bead bermerek TDK.


Foto close-up-nya:


Dan ini adalah aplikasi ferrite bead tersebut pada power cord utama saya:


Apakah membawa perubahan? Belum tahu, karena setelah memasang ferrite bead tersebut, saya belum memiliki kesempatan untuk mendengarkan musik secara serius. Saya pun belum sempat bereksperimen untuk menempatkan ferrite bead tersebut pada kabel coil dan kabel busi di mobil saya. Semoga aplikasi itu membawa perbaikan pada sistem saya dan juga mobil saya. Wish me luck .... Hehehehehe ....

2 komentar:

  1. pengen nyobain ferrite ini,... beli online dimana mas,, harganya berapa?

    BalasHapus
  2. Saya beli di kaskus, Mas Muliawan, coba search saja dengan keyword "Ferrite TDK" .....

    BalasHapus