Selasa, 19 Februari 2013

Modifikasi Nakamichi PA-304

Wauw, ternyata sudah lama sekali saya tidak mengupdate kegiatan solder-menyoder saya disini, padahal solder-menyoder jalan terus. Rupanya, kesibukan saya di kantor memang menguras energi saya sehingga tidak sempat lagi untuk mengupdate blog saya. Eniwei, mulai hari ini, semoga saya bisa mengalokasikan sedikit waktu untuk mengupdate sharing saya.

Singkat kata, saya memiliki sebuah power amplifier untuk Car Audio, bermerek Nakamichi type PA-304. Power amplifier ini memiliki 4 channel dengan daya keluaran 30W di 8 ohm. Power amplifier ini sudah saya pakai cukup lama dan sepanjang saya pakai, saya cukup puas dengan suaranya. Hanya saja, pada saat amplifier ini dinyalakan, ada seperti suara kurang enak yang keluar dari speaker, seperti bunyi "jeduk". Hal inilah yang membuat saya ingin membongkar dan mencoba memperbaiki apa yang rusak.

Saya kemudian mencari service manual untuk Nakamichi saya dan saya menemukannya disini.

Singkat kata, saya pun membongkar Nakamichi saya dan berdasarkan service manual saya pun mengganti beberapa capacitor yang memang terlihat sudah tua pada Nakamichi saya.



Nakamichi PA-304 ini merupakan power amplifier yang cukup idealis, dimana power supply menggunakan PCB yang terpisah dengan signal, sehingga minim intervensi antar bagian. Bagian penguat awal menggunakan IC OpAmp yang dioperasikan di class-A, dimana IC OpAmp tersebut terus-menerus "bangun" dan siap memperkuat signal suara. Bagian penguat akhir menggunakan MosFET yang beroperasi di class-AB.

Ini adalah detail dari sisi power supply-nya:



Disini saya menggunakan Nichicon FW ukuran 10.000uF/16V sebagai capacitor bank dan Panasonic FC ukuran 2.200uF/50V sebagai capacitor bank khusus untuk bagian penguat akhir. Selain Nichicon FW dan Panasonic FC, saya juga menggunakan WIMA MKP untuk menggantikan beberapa capacitor kecil ukuran 0.1uF dan 0.22uF.

Ini adalah detail dari sisi singal-nya:



Dari sisi lain:



Disini saya menggunakan Elna Cerafine, Nichicon Muse, Elna Silmic II, WIMA MKP, dan IC OpAmp JRC4558. Saya juga mengganti seluruh perkabelan dari PCB power supply menuju PCB signal dan dari jack RCA input ke PCB signal.

Well, tidak terlalu buruk untuk pekerjaan selama 3 jam bukan? Bagaimana suaranya? Wah, saya belum sempat melakukan instalasi di mobil saya. Semoga dalam waktu dekat saya akan melakukan instalasi dan bisa segera menikmati hasilnya. Wish me luck, semoga penyakit "jeduk"-nya sudah hilang .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar