Kamis, 13 Januari 2011

F5 ala KG - 3rd Struggling Process

Wauw, nyaris saja 4 bulan blog ini tidak diupdate. Semoga mulai hari ini akan ada update secara reguler untuk blog ini ditengah segala kesibukan saya sehari-hari.

Untuk melengkapi F5 ala KG, saya pun memutuskan untuk memesan trafo custom dari salah seorang Senior pembuat Trafo di Bandung. Spesifikasi sekunder trafo custom yang saya pesan adalah 4 x 0 - 18V/6A, semoga cukup dalam memberikan supply tenaga untuk rangkaian F5 yang haus listrik ini.

Trafo custom ini sangat berat, mungkin sekitar 7.5kg, sampai saya cukup kewalahan disaat menenteng trafo custom ini dari rumah pembuatnya ke mobil saya. Mana saat itu sedang hujan rintik-rintik pula. Hehehe ....

Berikut adalah foto dari trafo custom yang saya buat beserta nama, alamat, dan nomer telpon pembuat trafo custom tersebut, jika rekan-rekan membutuhkannya.




Berikut adalah foto disaat trafo custom tersebut disandingkan dengan trafo yang sebelumnya dipakai. Dari ukurannya, terlihat jelas bahwa trafo custom ini memiliki ukuran yang (sangat) superior dibandingkan trafo 2 x 0 - 18V/5A yang selama ini saya gunakan.




Saya pun mengganti dioda industri 25A yang sebelumnya digunakan dengan 16 x BYV72E dan PCB converter khusus buatan rekan saya yang baik hati, Pak Atok Purnomo. Terimakasih banyak, Pak Atok.

Setelah melakukan setting ulang terhadap arus diam di 1.3A untuk setiap final mosfet dan DC offset di sekitar 0mV, saya kemudian menyambungkan amplifier dengan preamp dan speaker saya. Pada saat itulah saya kembali tertegun. Suara yang dihasilkan oleh F5 ala KG dengan menggunakan trafo custom dan dioda spesial ini benar-benar luar biasa.


Separasi antara vokal dan setiap ketukan alat musik terdengar dengan jelas. Kedalaman panggung pun terbaca dengan jelas. Vokal yang tebal dan berbobot disertai dengan hentakan bass bulat dan dalam.

Setelah ini, saya akan melanjutkan modifikasi F5 ala KG dengan mengganti beberapa part di PCB signal, menghilangkan semua limiter yang ada, dan menggunakan Lateral Mosfet sebagai mosfet final F5 ala KG. Tunggu saja tanggal mainnya. Soon ....

1 komentar:

  1. halo, bisa minta kontak nya yg bikin travo di sevti transformer itu ? makasih

    BalasHapus