Kamis, 07 April 2011

Testing of Binary Amplitude Diffusor

Karena ruang dengar saya memiliki ukuran yang "mematikan" menurut para pakar akustik, yakni sekitar 3m x 3m dengan tinggi 3m juga, karenanya membutuhkan sentuhan penanganan akustik yang benar.

Oya, mengenai akustik, saya belajar banyak dari buku Berisik karangan Bp. Hadi Sumoro, salah satu pakar ilmu akustik di Indonesia. Menurut Beliau, yang sangat mengganggu dalam proses mendengarkan hasil reproduksi musik adalah suara pantulan dari dinding, lantai, dan plafond yang mengganggu suara asli. Gangguan tersebut bisa bersifat memperkeras atau menghilangkan, dapat juga berupa suara yang terdengar secara tidak koheren (ada delay waktu), sehingga suara yang kita dengarkan bukan suara yang seutuhnya.

Saya pikir, agak percuma juga jika kita memiliki sistem audio yang direncanakan dan dirangkai dengan baik, jika kita tidak dapat menikmati sistem audio tersebut dengan seutuhnya. Berdasarkan pemikiran tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk menghubungi salah seorang rekan saya untuk memperoleh Binary Amplitude Diffusor (disingkat BAD).

Singkat kata, saya pun memperoleh 3 set BAD.


Beginilah isi dari BAD tersebut.



Wah, ada logo dari Creno Audio, sebagai pencipta dari BAD ini. Well done, Pak Atok.


Setelah dirangkai sesuai dengan petunjuk, maka jadilah BAD untuk ditempatkan di sebelah kiri dan kanan dari speaker saya.



Setelah menggunakan BAD, suara di ruang dengar saya pun berubah total. Staging menjadi luas dan dalam serta image pun menjadi sangat fokus. Banyak sekali detail yang tadinya tersembunyi menjadi terdengar jelas. Dinding kiri dan dinding kanan di ruang audio saya seolah menghilang, sehingga staging terdengar sangat lebar.

Saya sangat puas dengan hasil ujicoba BAD di sebelah kiri dan kanan speaker. Tinggal 1 set lagi yang saya rencanakan akan ditempatkan di belakang pendengar. Semoga efeknya juga sangat signifikan untuk meningkatkan kenikmatan saya dalam mendengarkan musik.

Terimakasih, Pak Atok, untuk inovasinya. Very well done.

2 komentar:

  1. beli dimana BAD pak? kalo boleh tau harganya brp, thx...

    BalasHapus
  2. hallo Ari, saya beli BAD di Pak Atok Purnomo, untuk harga dan ketersediaan barang, bisa kontak Beliau di atokpurnomocreno@yahoo.com ....

    BalasHapus