Kamis, 30 Juni 2011

Ujicoba Schumann Resonator

Setelah melakukan ujicoba Music Snap terhadap Speaker Protektor, kemarin saya juga menyempatkan diri melakukan ujicoba mengenai efek Schumann Resonance terhadap sistem audio saya.

Schumann Resonance dipercaya oleh para ilmuwan sebagai gelombang bumi, yang memiliki getaran 7.83Hz. Gelombang ini ditemukan pertama kali oleh Winfried Otto Schumann, seorang ilmuwan dari Jerman. Gelombang 7.83Hz ini kemudian dinamai Schumann Resonance, sesuai dengan nama penemunya.

Pemanfaatan Schumann Resonance ini ternyata cukup luas, tidak terbatas untuk bidang audio saja, tetapi juga dalam bidang kesehatan. Banyak sekali alat-alat kesehatan di luar negri sana yang dibuat berdasarkan Schumann Resonance. Alat ini bertugas untuk menciptakan gelombang dengan frekuensi 7.83Hz, menyamai Schumann Resonance, yang disebut Schumann Resonator.

Salah seorang rekan di BBM Group kami pun berinisiatif untuk membuat PCB untuk Schumann Resonator ini. Berikut adalah tampilan PCB bagian depan.


Dan berikut adalah tampilan PCB bagian belakang.



Saya menempatkan Schumann Resonator ini di sudut ruang dengar saya. Penempatan ini kurang ideal, karena idealnya Schumann Resonator sebaiknya ditempatkan 1.5m dari lantai. Saya masih harus menemukan cara untuk menempatkannya dengan ketinggian tersebut.



Hasil dari penggunaan Schumann Resonator pada sistem saya adalah: imaging yang lebih fokus dan suara frekuensi low yang lebih terdefinisi dengan baik. Mendengarkan musik pun serasa lebih relaks. Hmm, sungguh luar biasa efek dari alat tweak yang satu ini. Terdengar seperti tidak masuk akal, tetapi hal yang saya alami mungkin sejalan dengan kesaksian DIY-ers di luar negri yang juga pernah melakukan aplikasi Schumann Resonator pada sistem-nya.

Saya pun pernah mencoba menempatkan Schumann Resonator ini di kamar tidur. Efeknya adalah: saya dan keluarga bisa tidur dengan lebih baik dan bangun pagi dengan lebih segar jika alat ini dinyalakan selama kami tidur. Percaya atau tidak percaya? Buktikan saja sendiri ....

6 komentar:

  1. Hi,
    saya tertarik dengan Schumann resonator ini.
    bagaimana saya bisa mendapatkan kit atau pcb-nya?
    thanks

    BalasHapus
  2. hai, Pak Handoko, sayang sekali saat ini saya sudah tidak punya lagi kit atau pcb-nya.

    BalasHapus
  3. Hai Pak Aphinx, salam kenal. Boleh tanya capasitor film caps yg kuning dan putih serta yg mika besarnya berapa ya? Saya lagi coba bikin.

    Adji

    BalasHapus
  4. boleh minta skema sama rangkain pcbnya nggak gan? :D

    BalasHapus
  5. adakah manfaat lain untuk gelombang schuman resonance ini selain tidur nyenyak, sbab saya pakai teknologi brainwave schuman resonance dan memang berefek tidur lelap. yg ingin saya tanyakan adalah : adakah efek lain setelah penggunaan teknologi schuman resonator itu ?

    BalasHapus