Rabu, 28 Desember 2011

Kehebohan di Akhir Tahun 2011

Hari ini, 28 Desember 2011, 3 hari menjelang pergantian tahun 2011 menuju tahun 2012. Seharusnya, hari-hari ini sudah bisa dilalui dengan santai, tetapi kenyataan yang saya alami adalah hari-hari ini justru terasa sangat hectic.

Target tahunan yang sudah ditentukan tentu saja tidak bisa ditawar lagi, jadi sisa omset harus dikejar di bulan Desember ini. Per tadi pagi, baru 83.7% omset Desember baru disetorkan, jadi dalam 2 hari tersisa (hanya hari ini dan besok, karena tanggal 30 Desember sudah closing tahunan), harus mengejar sisa 16.3% lagi. Sangat challenging, khususnya untuk bagian Logistik.

Saya jadi berpikir, kenapa hal ini terus menerus terjadi, bahkan malah terasa memburuk di penghujung tahun 2011 ini. Jadwal produksi yang seharusnya berakhir tanggal 23 Desember, terpaksa mundur, mundur, dan mundur menjadi 26 Desember. Karena butuh jeda 3 hari sampai barang bisa dikirim, saya terpaksa menunggu kiriman untuk mengejar sisa omset di penghujung tahun, tanggal 29 Desember.

Situasi yang sangat tidak menyenangkan, seperti telur di ujung tanduk. Meleset sedikit saja, artinya GOAL tidak tercapai.

Setelah dipikir lebih mendalam, seharusnya masalah seperti ini tidak perlu terjadi, jika setiap bagian di dalam Perusahaan berfokus kepada GOAL yang sama. Sebelum bulan dimulai, seharusnya semua bagian sudah sepakat bahwa angka yang dikejar adalah X, dan semua bagian berkonsentrasi di dalam bagian masing-masing untuk mengejar angka X tersebut. Bukankah Perusahaan merupakan gabungan dari bagian-bagian kecil yang saling tergantung dan berkesinambungan?

Jika salah satu bagian macet, dipastikan proses berikutnya akan terhambat. Jika ada proses yang terhambat, otomatis output yang dihasilkan pun tidak sesuai dengan rencana, sehingga peluang untuk mencapai GOAL pun akan mengecil.

Mungkin, paradigma yang melekat bahwa "sales adalah urusan orang Sales", perlu direvisi, karena seluruh bagian di dalam Perusahaan adalah Sales. Seluruh bagian memiliki Customer, yakni proses berikutnya. Sebaliknya, seluruh bagian pun memiliki Supplier, yakni proses yang mendahuluinya. Kesinambungan informasi dan sinergi di antara bagian tersebut lah yang merupakan kunci dari kesukesan Perusahaan tersebut.

Mampukah saya membawa angin perubahan disini? Sudah ada beberapa checklist yang akan mulai dikerjakan tahun 2012 mendatang, semoga hal-hal tersebut dapat saya terapkan dengan baik. Wish me luck .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar