Selasa, 07 Februari 2012

Ketika Nyawa di Ujung Tanduk

Sekitar pukul 20.00 semalam, kami mendapat kabar, Paman saya terjatuh di kamar mandi dan pingsan. Kami pun bergegas menuju ke Rumah Sakit tempat Paman dirawat. Ketika Paman diperiksa dengan CT-Scan, terlihat ada pendarahan di otak sebelah kiri, kemungkinan besar akibat pembuluh darah yang pecah.

Kemarin adalah hari bulutangkis-nya Paman. Setelah bulutangkis, Beliau langsung mandi dan di kamar mandi itulah Beliau terjatuh.

Kondisinya tidak baik, karena pendarahan di otak menimbulkan rasa sakit yang sangat parah, kemungkinannya nyaris tidak tertahankan oleh manusia. Hal ini terlihat dari seberapa kuat-nya Paman memberontak, sehingga terpaksa Paman diberi morfin dengan dosis kecil dalam selang interval waktu tertentu.

Perjuangan masih jauh dari selesai, karena ada 2 pilihan yang harus diambil, operasi otak untuk menghentikan pendarahan sekaligus mengeluarkan sisa darah atau menggunakan proses coiling, yakni "menambal" kebocoran pembuluh darah dari dalam menggunakan alat khusus. Setelah berbagai pertimbangan, akhirnya diputuskan untuk mengambil alternatif coiling.

Karena penyembuhan dengan proses coiling ini merupakan metode baru, maka keberadaan stok coil tersebut masih sangat langka. Di tengah malam, kami harus mencari dimana ada stok coil tersebut. Kami pun menelpon Rumah-rumah Sakit spesialis jantung dan syaraf, sekaligus secara paralel mencoba menghubungi distributor coil di Jakarta, yang terletak di Senen.

Singkat kata, distributor di Senen menyerah, karena stok coil ada di gudang dan yang memiliki otorisasi untuk mengeluarkan stok dari gudang sedang tidak ada di Indonesia. Kami pun memperoleh satu-satunya stok coil yang ada dari salah satu Rumah Sakit besar. Syukurlah ....

Operasi pun langsung dilaksanakan, setelah menunggu sekitar 1.5 jam, proses operasi dinyatakan selesai dan sukses oleh Dokter yang melakukan operasi.

Hingga menjelang siang hari ini, Paman baru mulai sadar sedikit demi sedikit, mulai bisa mengenali suara. Syukurlah, pertanda baik. Paman juga sudah di CT-Scan ulang tadi pagi untuk mengecek keberhasilan operasi. Tetapi, berita yang kami terima dari hasil tersebut adalah masih terjadi pendarahan. Bad news ....

Entah apa yang akan terjadi selanjutnya .... Saya hanya bisa berharap yang terbaik akan terjadi .... Saya hanya bisa berharap Mujizat akan terjadi ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar