Senin, 19 Maret 2012

Klenik Audio 04: Main-main Koin

Nah, kembali sedikit membahas mengenai "klenik" audio.

Disclaimer: apa yang saya share ini murni merupakan pengalaman pribadi saya, dengan sistem saya, di ruangan dengar saya. Hal yang sama mungkin saja tidak terjadi di tempat dan sistem lain.

Pada saat BT DAC di Bintaro, kami sempat diajari sebuah jurus klenik oleh salah satu maestro Audio di Indonesia. Awalnya, kami mencoba mengaplikasikan spike pada speaker floorstanding di Bintaro. Aplikasi spike tersebut ternyata memberikan perbedaan yang sangat signifikan pada suara bass-nya.

Beliau kemudian menambahkan piring kecil berbahan keramik yang ditaruh menelungkup untuk "mengganjal" spike yang depan, sehingga speaker agak sedikit mendongak. Wuih, dari ujicoba tersebut, suara yang dihasilkan kembali berbeda. Bass semakin bulat, dalam, dan terkontrol. Saya pun jadi terinspirasi untuk mencoba hal serupa di ruang dengar saya.

Saya pun bereksperimen dengan beberapa jenis koin logam untuk mengganjal spike pada speaker stand saya. Ini adalah koin pertama yang saya coba:



Koin ini merupakan pecahan 10 sen dari mata uang Baht. Koin ini cukup tebal, mungkin mirip dengan mata uang 1000-an yang dulu (koin putih dengan tengah-nya kuning).

Sedikit penjelasan, speaker stand saya memiliki 3 spike kecil, 2 di bagian belakang dan 1 di bagian depan. Aplikasi koin ini saya taruh di bawah spike yang depan, sehingga speaker saya agak sedikit mendongak.

Pada saat diuji coba, bass-nya langsung mblobor kemana-mana, sehingga bass pada sistem saya berdengung-dengung tidak keruan. Wow, begitu signifikan perubahan yang terjadi, hanya mengganjal 1 spike saja bisa berakibat sangat besar.

Kemudian, saya mencoba beberapa koin Rupiah yang masih berlaku:


Koin yang pertama kali saya coba adalah 500-an kuning. Dengan koin ini, kedalaman hentakan bass semakin terasa dan kontrol bass membaik, tetapi masih ada sedikit buntut gema-nya.

Koin yang kedua saya coba adalah 1000-an baru. Dengan koin ini, semua aspek bass membaik: kedalaman hentakan bass, kontrol yang baik, dan sama sekali tidak ada buntut gema-nya. Wow, luar biasa ....

Koin yang terakhir saya coba adalah 500-an putih. Dengan koin ini, bass kembali mblobor kemana-mana, sehingga bass pada sistem saya kembali berasa berdengung-dengung tidak keruan. Sedikit lebih baik dibandingkan koin 10 sen Baht.

Kesimpulan: aplikasi ganjalan spike yang terbaik di sistem saya adalah koin 1000-an baru, disusul oleh 500-an kuning. Untuk 500-an putih dan koin 10 sen Baht tidak dapat dipakai di sistem saya. Koin manakah yang paling baik di sistem lain? Entahlah .... Silakan coba sendiri .... Hehehehehehehe ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar