Senin, 12 Maret 2012

ProAc R1SC Modification - Part 1

Setelah membaca web-nya Pak PJ mengenai jeroan XO-nya ProAc R1SC, akhirnya, saya tidak tahan juga untuk memodifikasi ProAc R1SC saya.

Inilah skema XO-nya ProAc R1SC:


Nilai L untuk HPF (high pass filter) adalah 0.24mH dan nilai L untuk LPF (low pass filter) adalah 1.20mH. Thanks for the correction, Pak PJ.

Langkah pertama yang saya ambil adalah memilih jenis capacitor yang akan saya pergunakan. Pilihan pertama saya jatuh pada capacitor MKP bermerek SuRong, sepertinya buatan China. Capacitor ini sangat murah harganya, bisa diperoleh di Harco Glodok dengan harga sekitar 10 ribuan per pcs.

Sebelum digunakan, body SuRong ini saya balut dengan alumunium foil tape dan lead-nya saya balut dengan heatshrink, sehingga tampak seperti ini:


Lalu saya mencopoti komponen-komponen yang akan diganti:


Dan memasang SuRong yang berbalut alumunium foil tape dan sebatang pinsil bertuliskan Duelund Silver Graphite di PCB XO-nya R1SC saya:


Hasilnya: sangat-sangat memuaskan .... ProAc R1SC saya bisa bernyanyi dengan sangat indah, tanpa kehilangan ciri khas ProAc yang saya sukai, yakni detail dan imaging yang sangat bagus. Suara terdengar jauh lebih luwes dan relaxed jika dibandingkan sebelumnya, tapi tanpa kehilangan detail. Saya pun sangat puas dengan hasil modifikasi ini.

Saya pikir, sumbangsih terbesar untuk improvement ini datang dari Resistor Duelund Silver Graphite, tetapi SuRong juga saya yakin memiliki kontribusi terhadap hasil suara ini.

Langkah berikutnya adalah bereksperimen untuk mengganti SuRong dengan Bennic FPP. Menurut sang penjual, Bennic FPP ini merupakan kelas hi-end dari Bennic, bahkan konon kabarnya lebih baik daripada Bennic XPP.

Langkah pertama, seperti yang dilakukan pada SuRong, saya telah membalut Bennic FPP ini dengan alumunium foil tape:


Saya penasaran, apakah Bennic FPP yang di-claim oleh website-nya sebagai "hi-end x-over network use", bisa "mengalahkan" SuRong dalam aplikasi di XO ProAc R1SC saya? Seberapa besar beda-nya? Entahlah .... Tunggu saja tanggal mainnya di Modification Part 2.... Hehehehe ....

6 komentar:

  1. Info for your next move :

    Ferrite Induktor serialled position dgn woofer = 1.20mH (tepatnya 1.19mH)
    Ferrite Induktor paralled position dgn tweeter = 0.24mH (tepatnya 0.238mH)

    Saya sd memiliki L meter baru .

    salam
    PJ

    BalasHapus
  2. Many thanks for the update, Pak PJ, really appreciate it. Btw, L meter-nya beli dimana kah?

    BalasHapus
  3. Hi pak
    Toko Djun skrg sd ada stok

    salam
    PJ

    BalasHapus
  4. Oic, terimakasih info-nya, Pak PJ.

    BalasHapus
  5. wiiwww..,
    Phinx, Itu Balutnya pakai lakban Alumunium Foil Tape (agak tebal)atau lakban chrome silver (agak tipisan)?

    BalasHapus
  6. Hai, Bro Ady. Saya pakai lakban alum foil, kebetulan ada, hibahan dari Saudara. Hehehehe ....

    BalasHapus