Rabu, 27 Juni 2012

Joice-Moza Balanced Preamp - Part 1

Sudah lebih dari 1 bulan saya tidak meng-update blog ini, tapi bukan berarti saya tidak melanjutkan hobby utak-atik saya. Selama beberapa minggu terakhir, saya mulai merangkai balanced preamp berbasis mosfet dengan power supply yang sangat idealis. Preamp ini dibuat oleh rekan saya berdasarkan preamp Pumpkin & Shunty, yang konon kabarnya dibuat khusus untuk men-drive power amplifier Pass F4, yang merupakan power buffer (tanpa voltage gain).

Mengapa PSU preamp ini disebut idealis? Kalau kita pelajari skema-nya, PSU-nya dibagi beberapa sesi, mulai dari zener string, dilanjutkan voltage stabilizer, dilanjutkan cascode section untuk voltage regulator, dan akhirnya shunt regulator oleh sebuah darlington transistor.

Saya pernah mendengarkan preamp ini men-drive MP50Di milik salah satu Senior di DIY Audio Indonesia dan hasilnya sungguh luar biasa. Improvement yang paling signifikan waktu itu adalah imaging dan transient yang langsung improve. Dari situlah saya memiliki minat yang cukup kuat untuk merakit Joice-Moza ini.

Beberapa rekan sudah selesai merakit preamp Joice-Moza ini, bahkan mereka sudah melakukan improvement di banyak hal, termasuk menggunakan LOT (line output transformer) di bagian output-nya dan menggunakan common choke di bagian PSU-nya. Menurut mereka, hal ini membawa performance preamp Joice-Moza jauh lebih baik lagi. Ini yang membuat saya sangat penasaran.

Project ini dimulai sudah cukup lama, dengan mengumpulkan komponen-komponen, seperti:
- trafo custom made in Surabaya
- resistor Holco dari ebay
- elco dari Harco (Wibowo Audio)
- mosfet IRF520/9520 dari Pasar Genteng, Surabaya
- mosfet lateral 2SK2013 dan 2SJ313
- elco Nichicon FW 2200uF/63V dari ebay

Project solder-menyolder pun dimulai, seperti biasa, mulai dengan komponen yang paling rendah terlebih dahulu.


Lalu dilanjutkan dengan komponen yang agak tinggi.


Dan terakhir komponen-komponen yang lebih tinggi.


Singkat cerita, semua komponen sudah tersolder dan waktunya untuk melakukan ujicoba. Saya mulai ujicoba dengan bagian PSU (Joice) terlebih dahulu.


Pada ujicoba bagian Joice ini, saya terbentur masalah karena salah satu rail di setiap channel tidak bisa di-set ke 36V. Rupanya hal ini terjadi karena adanya toleransi komponen, sehingga nilai trimpot yang dibutuhkan lebih besar. Setelah saya mengganti trimpot 5K dengan trimpot 10K, masalah teratasi dan semua rail bisa di-set ke 36V.

Kemudian, saya masuk ke sesi Signal (Moza).


Pada ujicoba di bagian Moza ini, saya kembali terbentur masalah, yakni preamp tersebut tidak bisa di-set balanced. Setelah berbagai cara dicoba, diantaranya mengganti 2SK170 dan BC546, akhirnya saya menyerah. Belum ketemu nih sumber masalahnya ada dimana. Sudah ada beberapa instruksi dari rekan saya, tetapi saya belum melaksanakannya. Semoga weekend berikut ini masalah di bagian Moza bisa teratasi.

Wish me luck .....

3 komentar:

  1. Kalau ada skemanya mungkin ada yang bisa bantu
    Didiet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Didiet, boleh minta alamat email? Nanti saya japrikan skema-nya. Terimakasih.

      Hapus
  2. cahshowlow(at)yahoo dot co dot id

    BalasHapus