Senin, 01 Oktober 2012

Joice-Moza Balanced Preamp - Part 2

Finally ..... Kemarin malam setelah sekian lama bergelut dengan permasalahan yang terjadi di episode sebelumnya, saya pun menemukan kesalahan yang saya harus akui sebagai kesalahan bodoh .....

Preamp ini merupakan preamp balanced, jadi ada input + dan input - yang sama-sama dikuatkan dalam 2 stage, lalu keluar menjadi output + dan output -. Pada kasus yang lalu, ada 2 masalah yang terjadi secara berbarengan, yakni bias pada sisi + dan sisi - tidak bisa "disamakan", entah kenapa serta DC offset yang tidak bisa diset ke 0, karena masih ada perbedaan arus pada mosfet penguat dan mosfet CCS.

Nah, inilah masalahnya:


Bisa lihat nilai resistor yang ditunjuk oleh obeng kecil tersebut? Jika kurang jelas, saya zoom lebih dekat:


Disana, pada skema revisi 2, tertulis dengan jelas bahwa nilai yang harus ditaruh disana adalah 100K. Bodohnya saya, pada saat pemasangan komponen, saya masih mengacu kepada skema original, dimana nilai komponen tersebut adalah 10K. Karena skema ini merupakan skema balanced, jika ada perbedaan nilai komponen yang begitu ekstrim (100K dan 10K), dipastikan rangkaian balanced-nya tidak berfungsi.

Hal simpel inilah yang terjadi pada Moza saya. Masalah yang sederhana, tapi cukup membuat saya pusing selama beberapa minggu. Mengorbankan sebuah 2SK170 yang sudah di-match dengan kawannya (karena kaki-nya patah pada saat proses cabut-pasang), 2 buah BC546 (juga kaki-nya patah pada saat proses cabut-pasang), serta jalur di PCB yang nyaris rusak.

Sisi baiknya, sebenarnya ini peluang, karena 2SK170 yang saat ini digunakan adalah seri BL sementara stok 2SK170 saya merupakan seri V yang memiliki Ids lebih tinggi. Jika saya bisa menggunakan 2SK170V, maka diharapkan Moza saya bisa perform dengan lebih baik. Tapi, untuk menggunakan 2SK170V, saya harus melakukan proses matching terlebih dahulu.

Singkat kata, setelah resistor tersebut diganti, bias rangkaian Moza saya bisa di-balance antara sisi + dan sisi -. Pheew, masalah pertama sudah selesai. Pekerjaan selanjutnya adalah melakukan setting DC offset:


Pada setting DC offset, saya harus melakukan eksperimen merubah-rubah nilai R yang tertulis 22 pada skema revisi 2. Setelah mencoba-coba, nilai R yang paling cocok adalah 150R. Oke, berarti saya tinggal membeli resistor dengan nilai 150 R dan capacitor output 10uF, lalu Moza saya pun bisa siap bernyanyi.


Semoga ini adalah jalur saya menuju sukses dalam merakit Joice-Moza. Semoga saya tidak malas untuk melakukan proses matching terhadap stok 2SK170V dan semoga juga saya tidak menemui masalah lain yang mengganggu dalam penyelesaikan proyek ini. Berapa lama lagi sampai Preamp Balanced ini bisa bernyanyi? Entahlah ..... Mari kita lihat dan buktikan .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar