Senin, 30 Agustus 2010

Ujicoba Music Snap

Ini mungkin merupakan posting yang ditunggu-tunggu, yakni ujicoba alat tweak sakti buatan rekan saya yang disebut Music Snap. Rekan-rekan di milis menyebutnya "upil genderuwo", mungkin karena bentuknya gepeng dan warnanya hitam, entahlah ....



Singkat kata, saya diberi sample beberapa buah Music Snap oleh Rekan Senior saya, kemudian saya mencoba mengaplikasikannya di beberapa titik di perangkat Audio saya.

Percobaan pertama adalah pada Chip Tripath TA2024 saya. Pada percobaan tersebut, saya memperoleh suara high yang lebih terdefinisi dan staging yang lebih baik. Luar biasa. Hanya menempelkan sesuatu di atas chip dapat menimbulkan efek menyenangkan yang luar biasa bagus.

Kemudian saya memotong sedikit kelebihan Music Snap dari atas chip Tripath, membagi rata menjadi 4 bagian kecil, dan menaruh mereka diatas Coil di bagian output Tripath. Hmm ... untuk yang ini, efeknya tidak terdengar, hanya terasa lebih nyaman pada saat mendengarkan musik.

Percobaan selanjutnya adalah pada speaker bookshelf DIY saya. Saya menaruh Music Snap di dekat tweeter Hertz HT25 saya. Hasilnya adalah, suara saya dengar lebih fokus dengan staging yang lebih rapi. Sangat menakjubkan, dengan menempelkan satu hal kecil, bisa merubah total suara yang dihasilkan oleh sebuah sistem.


Percobaan selanjutnya adalah pada preamp Si Tjoepoe™ KG, saya melakukan ujicoba di beberapa posisi, yakni:
1. diatas chip LME49720, hasilnya adalah resolusi di high menjadi lebih baik.

2. di belakang potensio, hasilnya adalah suara lebih fokus.

3. di dekat jack RCA out, hasilnya adalah suara lebih fokus.

4. diatas jack PLN, hasilnya tidak terdengar oleh telinga saya, tapi kembali terasa lebih nyaman pada saat mendengarkan musik.


Percobaan terakhir yang saya lakukan dengan Music Snap adalah di CDP NAD C520 saya. Saya juga melakukan ujicoba di beberapa posisi, yakni:
1. di Main Trafo, perbedaan hasilnya tidak terdengar oleh telinga saya.

2. di dekat jack RCA out, hasilnya adalah suara lebih fokus.

3. di atas chip DAC, hasilnya adalah separasi terasa lebih baik.


Secara keseluruhan, saya sungguh takjub dengan performance Music Snap dalam membantu memperbaiki suatu sistem Audio. Mungkin, karena ketidak tahuan kita, kita menyangka itu adalah klenik atau mistis. Tetapi, sama sekali tidak. Music Snap adalah permainan ilmu pengetahuan tingkat advance yang melibatkan ilmu fisika tingkat lanjutan. Saya sama sekali nggak paham mengenai hal itu, jadi saya serahkan saja kepada yang ahli dan tinggal menggunakannya saja.

Well done, Pak Atok Purnomo dan Team-nya.

2 komentar:

  1. cool....

    bisa kasih info cara or dimana bisa dapetin music snap ini ngga Pak?

    Thanks before

    -Jack-
    audisign @ yahoo . com (w/out spaces)

    BalasHapus
  2. Bapak bisa mendapatkan music-snap di www.tokospeaker.com .... Terimakasih .....

    BalasHapus