Rabu, 16 Maret 2011

Aaarrrgggghhhh .... Gue ketipu !!!!

Kata pembuka: Ini merupakan pengalaman pribadi, tidak ada maksud untuk menjelek-jelekkan penjual, karena secara pribadi saya anggap masalah ini sudah selesai alias saya anggap uang hilang saja.

Pada saat menikmati musik lebih 2 jam, saya mendengar adanya distorsi, yang berakibat suara terdengar agak rebek. Awalnya saya kuatir, jangan-jangan F5 Lateral ala KG yang bermasalah. Tetapi setelah saya melakukan beberapa pengukuran terhadap F5 Lateral ala KG, dipastikan tidak ada masalah disana.

Saya kemudian mencoba mengambil input preamp langsung dari CDP saya dan suara rebek tersebut langsung lenyap. Ternyata, problem-nya ada pada kit DAC 4 x TDA1543. Body kit yang terbuat dari alumunium terasa hangat, masih dapat dipegang tangan. Akhirnya saya pun melanjutkan mendengarkan musik tanpa DAC eksternal.

Karena penasaran, saya pun membongkar kit DAC tersebut dan saya cukup surprised bahwa isi kit DAC tersebut tidak seperti yang dideskripsikan oleh penjualnya. Berikut adalah tampilan dalam dari kit DAC 4 x TDA1543 tersebut:


Sepintas tidak ada masalah, tetapi jika dilihat dengan close-up, hasilnya adalah seperti ini:



Ya, benar sekali, chip DAC yang digunakan bukan Philips TDA1543 seperti yang disebutkan pada spesifikasi penjual, tetapi entah chip merk apa. Wah, saya merasa sangat kecewa dengan kejadian ini.

Saya sudah mencoba menghubungi penjual, respon-nya cukup cepat, tetapi saya harus mengirimkan balik kit DAC ini ke China untuk memperoleh refund. Daripada saya keluar uang tambahan untuk mengirimkan, lebih baik saya diamkan saja atau nantinya saya gunakan saja chip receiver-nya untuk project DAC TDA1543 Philips ex Thailand yang sudah saya miliki.

Akhirnya, tidak ada lagi yang saya bisa katakan kecuali, "Aaarrrgggghhhh .... Gue ketipu !!!!"

4 komentar:

  1. Kalau di lihat dari bodinya itu emang bener dari Philip (NXP Philip). Coba saja di tambahin heatsink untuk TDA1543-nya biar adem

    BalasHapus
  2. many thanks for the info, Mas Didiet. saya pikir, karena tidak ada logo Philips-nya itu adalah chip yang palsu. anyway, saya sudah tidak pakai TDA1543 lagi sekarang, tapi sudah beralih ke AK4393 dan sebentar lagi ke AK4396. menurut kuping saya sih, lebih bagus. hehehehehe .....

    BalasHapus
  3. itu philip yg baru om...philip semi yg baru pake NXP...coba dioprek lagi saja om

    BalasHapus
  4. Terimakasih info-nya, Pak. Sayang sekali saya sudah beralih ke jenis DAC lain, yakni AKM series. Sekarang tengah mencoba AK4393, mungkin dalam waktu dekat akan mencoba AK4396.

    BalasHapus