Selasa, 14 Juni 2011

Ujicoba Kendeil di F5 Lateral ala KG

Pekan lalu, saya memperoleh kesempatan yang sangat baik untuk melakukan ujicoba terhadap elco bermerek Kendeil, sebuah elco buatan salah satu pabrikan di Italy, tetapi konon kabarnya banyak sekali dipergunakan oleh pabrikan audio di Inggris di F5 Lateral ala KG. Terimakasih buat rekan DIY-ers von Cirebon yang berkenan untuk meminjamkan barang sakti ini.

Ini adalah tampang dari Kendeil yang saya akan coba:


Ukuran yang saya coba adalah 68.000uF/50V. Bisa kita bandingkan, besarnya si Kendeil tersebut dengan trafo raksasa yang saya gunakan untuk F5 Lateral saya.


Singkat kata, saya pun menggantikan jejeran elco yang selama ini saya pergunakan di F5 Lateral ala KG dengan Kendeil. Elco yang sebelumnya saya pergunakan (untuk setiap rail) adalah: 1 x Spraque 52.000uF/30V + 3 x Epcos/Sikorel 2.200uF/100V.


Jika kita bandingkan antara PSU channel kiri dan channel kanan, kita dapat melihat bahwa secara ukuran, elco Kendeil memang superior dibandingkan elco yang selama ini saya pergunakan.


Setelah itu pun saya mengaplikasikan Kendeil di kedua channel F5 Lateral ala KG. Beginilah tampang F5 Lateral ala KG setelah menggunakan 4 pcs Kendeil 68.000uF/50V di PSU-nya. Terlihat gahar sekali, bukan?


Sekarang masuk ke bagian yang paling menyenangkan, mendengarkan suara yang dihasilkan oleh penggunaan elco Kendeil di PSU F5 Lateral ala KG. Detail perangkat yang saya gunakan untuk ujicoba adalah:
- CDP: CEC TL51XR
- Interconnect: Synergistic Research AV Matrix
- Preamp: #26 Eramas
- Interconnect: Indian Warrior with Vermouth jack
- Power: F5 Lateral ala KG
- Speaker cable: Sioux
- Speaker: ProAc R1SC

Perbedaan paling nyata yang saya dengarkan adalah pada bobot suara yang dihasilkan. Vokal penyanyi terdengar lebih berbobot tanpa merubah keseimbangan tonal. Bass tentu saja semakin deep dan solid, mengingat ukuran capacitor yang semakin besar, tetapi hal yang mengejutkan adalah high-nya sama sekali tidak berkurang. Stage terdengar lebih laid-back dan sedikit lebih lebar. Separasi terdengar lebih baik dan imaging terdengar lebih fokus.

Saya pun berkesimpulan bahwa penggunaan elco Kendeil 68.000uF/50V di F5 Lateral ala KG memang memberikan kontribusi yang positif terhadap suara. Saya pun merencanakan untuk mengaplikasikan 8 pcs Kendeil 68.000uF/50V di F5 Lateral ala KG, yakni menggunakan 2 pcs per rail PSU. Semoga ini tidak hanya overkill, tetapi membuat F5 Lateral ala KG lebih performed daripada sebelumnya. Let's see ....

1 komentar:

  1. Bisa minta skema pemasangannya ga ? Itu kan elco bipolar positif sama negatifnya gimana ? Terus jalur CT nya gimana ?

    BalasHapus